Standar Internasional Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi


Tugas Softkill


Disusun oleh :

·        Adam Tyas Yoerza
10116089
·        Adnindira Ismara Putri
10116248
·        Fairuz Athaya
12116504


Universitas Gunadarma


Standar Internasional Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi pada Go-Jek

            Standar Internasional Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi merupakan suatu panduan atau referensi dalam memastikan terwujudnya manajemen pelayanan teknologi informasi yang baik dan handal. Setiap perusahaan wajib memiliki standar tersebut. Maka dari itu perusahaan wajib memperhatikan 5 domain proses utama dalam memastikan terjadinya pelayanan teknologi informasi yang handal. 5 domain proses utama tersebut adalah Service Strategy, Service Design, Service Transition, Service Operation, dan Continual Service Improvement.
                Pada artikel ini akan dibahas standar internasional manajemen pelayanan teknologi informasi pada PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa atau biasa dikenal dengan Go-Jek. Go-Jek merupakan perusahaan startup asli Indonesia yang menyediakan jasa layanan ojek profesional. Bermula di tahun 2010 sebagai perusahaan transportasi roda dua melalui panggilan telepon, Go-Jek kini telah tumbuh menjadi on-demand mobile platform dan aplikasi yang menyediakan berbagai layanan lengkap.
            Service Strategy dari Go-Jek adalah berusaha menawarkan faktor kecepatan, keamanan, dan kenyamanan bagi para pelanggan. Selain itu, Go-Jek juga mengurangi permasalahan penyediaan uang tunai dengan menyediakan e-wallet Go-Jek credit atau yang biasa disebut Go-Pay. Go-Jek juga melakukan strategi marketing dalam menentukan tarif agar menarik konsumen. Dalam hal ini, Go-Jek menetapkan tarif yang lebih murah bagi pengguna jasanya dibandingkan dengan ojek biasa dengan fasilitas langsung dijemput dititik jemput konsumen tanpa harus konsumen mencari keluar. Dan juga banyaknya harga promo yang diberikan oleh Go-Jek untuk konsumen semakin membuat konsumen tertarik.
            Aplikasi Go-Jek yang memudahkan konsumen untuk memesan kebutuhannya termasuk kedalam Service Design. Saat ini aplikasi Go-Jek sudah dapat bertukar pesan dengan driver tanpa mengeluarkan biaya pulsa. Hanya saja, fitur tersebut akan didapatkan jika kita sudah mengupgrade aplikasinya. Aplikasi Go-Jek memiliki menu favorite, menu ini berisi service yang sering kita gunakan. Menu ini mempermudah konsumen karena konsumen tidak perlu mencari lagi service tersebut. Hal itu sangat menghemat waktu konsumen.
            Sejak awal berdiri, Go-Jek hanya menawarkan service Go-Ride. Yaitu, ojek sepeda motor. Seiring semakin berkembangnya aplikasi, Go-Jek memberikan Service Transition yang awalnya hanya service Go-Ride kemudian ditambahkan beberapa service seperti Go-Car untuk transportasi mobil, Go-Food untuk membeli dan mengantarkan pesanan makanan, Go-Send untuk pengiriman barang. Kemudian setelah pembaharuan lagi, semakin banyak service yang ditawarkan oleh Go-Jek. Seperti, Go-Pulsa, Go-shop, Go-Mart, Go-Box, Go-Massage, Go-Clean, Go-Glam, Go-Tix, Go-Auto, dan Go-Med. Dalam hal memudahkan konsumen untuk mencari kebutuhan, service transition Go-Jek sangat handal. Sangat memudahkan bagi konsumen dengan satu aplikasi terdapat semua akses kebutuhan.
                Service Operation merupakan tahapan lifecycle yang mencakup semua kegiatan operasional harian pengelolaan layanan-layanan teknologi informasi, dan itu terdapat pada  perusahaan besar yang bergerak pada bidang pelayanan jasa seperti Go-Jek yang mempunyai sistem dengan layanan-layanan informasi yang berkembang tiap waktu demi memuaskan para konsumen agar pemanfaatan aplikasi lebih efisien dan mudah di pergunakan. Go-Jek memiliki tiga pembagian service operation yaitu:
1.      Transaction Processing System
            Sistem pembayaran Go-Jek masuk ke dalam Transaction Processing System, dimana sistem informasi berfungsi sebagai pengatur alur keluar masuknya transaksi yang terjadi di Go-Jek. Transaksi disini termasuk dalam kalkulasi biaya perjalanan, penambahan Go-Jek kredit apa bila pelanggan menambah jumlah depositnya dan juga pengurangan jumlah kredit karena digunakan untuk membayar layanan Go-Jek. Book order juga termasuk TPS, didalamnya terdapat pengumpulan informasi dari user seperti penentuan lokasi awal dan tujun, dan form lainnya.
2.      Process Control Systems
            Semua proses pemesanan / booking merupakan bagian dari sistem informasi dimana langkah yang dilakukan bertahap sesuai dengan SOP yang telah ditentukan.
3.      Enterprise Collaboration System
            Untuk memudahkan koordinasi dan pertukaran informasi pada internal perusahaan, Go-Jek menghubungkan seluruh cabang di berbagai daerah kedalam suatu jaringan. Sedangkan untuk menciptakan kenyamanan konsumen sendiri, Go-Jek memberikan informasi mengenai driver atau suksesor layanan lainya, baik nama, foto, begitu pula sebaliknya, driver megetahui nama serta no HP konsumen, sehingga konsumen dan driver bisa berkomunikasi secara langsung.
            Sedangakan operasi pada aplikasi Go-Jek terus berkembang untuk lebih inovasi agar menarik perhatian konsumen seperti:
1.      Teknologi end user yang tersedia bagi Android dan Ios
2.      Teknologi Database
3.      Api (Application Proggaming Interface)
            Dengan teknologi seperti di atas membuat Go-Jek mempunya service operation yang sangat detail untuk kebaikan perusahaan.
            Sebagai salah satu perusahaan jasa berbasis teknologi informasi terbesar di Indonesia, Continual Service Improvement Go-Jek harus jelas dan baik. Go-Jek harus berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan dinamika global dan siap bersaing dengan perusahaan yang memiliki bidang yang sama, dan menjadi salah satu perusahaan yang dapat memberi kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi negara.

Sumber:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebudayaan yang mudah diterima dan Sulit diterima

Tugas IBD Manusia dan Keadilan

Tugas IBD Manusia dan Keindahan Alam