SISTEM CERDAS
SISTEM
CERDAS
Tahukah
anda bahwa segala sesuatu yang ada di alam semesta ini, baik setiap gejala
alamnya, fenomena yang terjadi di dalamnya, bahkan kehidupan makhluk-makhluk
yang ada di dalamnya merupakan suatu bentuk persamaan matematis? Atau dapat
dibilang segala gejala dan fenomena tersebut dapat dibuat ke dalam bentuk
persamaan matematis, termasuk di dalamnya adalah bagaimana cara kerja otak dan
bagaimana manusia berpikir. Pemrograman konvensional masih dapat digunakan
untuk membuat mesin atau komputer berinteraksi dengan manusia, namun bagaimana
untuk wilayah-wilayah sensitif atau area soft science yang tidak dapat
dijelaskan atau dirumuskan dengan pasti? Sehingga kemudian muncullah suatu
analisis mengenai bagaimana cara kerja otak manusia dan dirumuskan dalam suatu
persamaan matematis atau model matematika. Dari model matematika inilah
kecerdasan buatan dapat diciptakan.
Sistem
cerdas adalah sistem yang menerapkan kecerdasan buatan. Jadi, “kecerdasan”
inilah yang diciptakan untuk kemudian dimasukkan ke dalam suatu mesin atau
komputer. Sistem ini dibuat agar dapat berpikir layaknya manusia. Sistem ini
juga dibuat agar dapat “berperilaku” seperti manusia, juga mampu menyerap
pengalaman dan mampu bertindak berdasarkan pengalaman tersebut, sehingga sistem
ini seolah-olah mempunyai kehendak sendiri dan mampu berpikir seperti halnya
manusia.
Beberapa
pengertian Sistem Cerdas dari Para Ahli
1.
“Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian,
aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan
sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adalah cerdas”. (H. A. Simon [1987])
2.
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat
komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh
manusia.” (Rich and Knight [1991])
3.
“AI adalah Untuk mengetahui dan memodelkan proses – proses berpikir manusia dan
mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia.” (John McCarthy[1956]).
4.
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam
merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol
daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau
dengan berdasarkan
Sejarah Sistem Cerdas
Pada
awal abad 17, René Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa
melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Blaise Pascal menciptakan mesin
penghitung digital mekanis pertama pada 1642. Bertrand Russell dan Alfred North
Whitehead menerbitkan Principia Mathematica, yang merombak logika formal.
Warren
McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan "Kalkulus Logis Gagasan yang tetap
ada dalam Aktivitas " pada 1943 yang meletakkan pondasi untuk jaringan
syaraf.
Tahun
1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI. Program AI pertama yang bekerja
ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of
Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher
Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John
McCarthy membuat istilah "kecerdasan buatan " pada konferensi pertama
yang disediakan untuk pokok persoalan ini, pada 1956. Dia juga menemukan bahasa
pemrograman Lisp. Alan Turing memperkenalkan "Turing test" sebagai
sebuah cara untuk mengoperasionalkan test perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum
membangun ELIZA, sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian.
Selama
tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan
simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program
berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali dalam bidang matematika. Marvin
Minsky dan Seymour Papert menerbitkan Perceptrons, yang mendemostrasikan batas
jaringan syaraf sederhana dan Alain Colmerauer mengembangkan bahasa komputer
Prolog. Ted Shortliffe mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk
representasi pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang
kadangkala disebut sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan
kendaraan terkendali komputer pertama untuk mengatasi jalan berintang yang
kusut secara mandiri.
Pada
tahun 1980-an, jaringan syaraf digunakan secara meluas dengan algoritma
perambatan balik, pertama kali diterangkan oleh Paul John Werbos pada 1974.
Tahun 1990-an ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi
berbagai macam aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah komputer permainan
catur, mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang
terkenal pada tahun 1997. DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan melalui
penerapan metode AI untuk unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama telah
mengganti seluruh investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada
pemerintah AS.
Tantangan
Hebat DARPA, yang dimulai pada 2004 dan berlanjut hingga hari ini, adalah
sebuah pacuan untuk hadiah $2 juta dimana kendaraan dikemudikan sendiri tanpa
komunikasi dengan manusia, menggunakan GPS, komputer dan susunan sensor yang
canggih, melintasi beberapa ratus mil daerah gurun yang menantang.
Contoh Sistem Cerdas
1. Ultrasonografi (USG)
USG
merupakan salah satu contoh penggunaan sistem cerdas dalam bidang kesehatan.
USG bekerja berdasarkan pantulan gelombang suara ultrasonik. Banyak digunakan
untuk mendeteksi janin dalam kandungan. Alat ini bekerja dengan menerima input
berupa suara yang lalu diolah menjadi sebuah informasi berupa visual. Alat ini
cukup aman karena tidak menimbulkan radiasi seperti sinar-x yang biasanya
digunakan untuk rontgen.
Keuntungan yang dapat
diambil antara lain:
a) Membantu dalam menghasilkan keputusan
berupa analisa suatu penyakit.
b) Membantu tugas yang tidak dapat dilakukan
secara manual oleh manusia.
c) Memudahkan untuk penyembuhan.
Kerugian yang dapat
terjadi antara lain:
a) Error yang terjadi saat pengambilan
keputusan.
b) Rule base yang harus sesuai dengan
kondisi setiap pasien.
c) Efek samping dari tindakan yang dilakukan
oleh alat.
2. Sistem Deteksi Plat
Nomer Kendaraan Untuk Aplikasi Sistem Karcis Parkir Berdasarkan Plat Nomer
Kendaraan Dengan Menggunakan Kamera
Deteksi
plat nomor kendaraan merupakan suatu Kontrol otomatis dengan menggunakan web
cam yang merupakan suatu alat berfungsi secara otomatis untuk mengetahui posisi
plat nomor dalam suatu badan mobil. Banyak aplikasi yang menerapkan penelitian
tersebut. Deteksi plat nomor sangat diperlukan misalnya dalam sistem
perparkiran, jalan tol, dan lain sebagainya.
Dengan
adanya sistem ini diharapkan dapat meringankan beban manusia dan mempersingkat
waktu akses pada pintu masuk parkir. Output sebuah obyek warna di proses untuk
membedakan plat nomor dengan frame, maka yang di lakukan adalah pemrosesan
gambar sehingga menemukan posisi serta ukuran dari obyek yang akan di
kelola.pada pemrosesan ini terlebih dahulu melakukan penelusuran (scanning)
pixel dan penskalaan, sehingga secara otomatis akan didapatkan nilai posisi dan
ukuran dari obyek yang sedang dideteksi kemudian untuk membantu pengenalan
grayscale dan thresholding.
Pengujian
untuk membedakan warna obyek serta menampilkan plat nomor dengan menggunakan
kamera web adalah menggunakan sistem Integral proyeksi dan sistem moving
detector yaitu dengan mengambil atau meng capture sebuah badan mobil (frame)
setelah memperoleh hasil diproses dengan menggunakan LPF (low pas filter) untuk
memperoleh hasil yang maksimal maka terlebih dahulu adalah mengatur intensitas
dari suatu pencahayaan.
Untuk
tingkat keberhasilan yang di peroleh dari proses Integral proyeksi adalah 72%
sedangkan proses pengambilan plat nomor dengan menggunakan moving detector
adalah 51% Kata kunci: Deteksi plat Nomor,kamera web,pengolahan citra,Visual
basic,integral proyeksi,moving detection.
3. Vending Machine
Vending
Machine adalah mesin yang digunakan untuk mengeluarkan/menjual produk secara
otomatis tanpa ada operator. Operator tidak perlu menunggu mesin, tetapi hanya
bertugas untuk mengisi, memeriksa ketersediaan barang yang dijual dan memeriksa
mesin. Saat ini vending machine mudah kita jumpai di negara-negara maju yang
digunakan sebagai alat untuk menjual berbagai macam produk.
Cara
kerja vending machine adalah dengan melakukan pembayaran (baik menggunakan uang
ataupun sistem lainnya) kepada mesin kemudian memilih produk, setelah itu
produk yang dipilih akan segera keluar.
Sumber
:
Komentar
Posting Komentar